Kamis, 23 September 2010

Memilih alat kontrasepsi pasca melahirkan


Bagi sebagian besar ibu tentunya sangat sulit untuk memilih alat kontrasepsi pasca melahirkan. Banyak faktor yang menyebkan sulitnya untuk memilih. Disatu sisi sang ibu belum mau hamil lagi, di sisi lain takut berpengaruh pada produksi ASInya serta alasan alasan lainnya. Hal ini menyebabkan ibu-ibu menjadi malas untuk berhubungan intim dengan suaminya.

Menurut Prof dr Biran Affandi, Sp OG, kontrasepsi yang paling ideal untuk ibu menyusui adalah yang tidak menekan produksi ASI. Untuk itu, tersedia beberapa pilihan, yakni kontrasepsi yang ditanam dalam rahim (IUD) atau biasa disebut spiral dan sterilisasi. "Namun, untuk pasangan yang baru punya satu anak biasanya tidak mau jika disteril," katanya. Begitu juga spiral, banyak yang merasa tidak cocok dengan alat kontrasepsi tersebut.

Pilihan lain adalah penggunaan kondom, KB implan yang bisa bertahan hingga tiga tahun, suntik tiga bulanan serta pil mini yang hanya berisi hormon progesterone saja. Metode kontrasepsi tersebut biasanya akan berpengaruh pada pola haid, yakni hanya keluar bercak saja atau tidak haid sama sekali.

Selain kontrasepsi hormonal, masih ada pilihan kontrasepsi alami, yakni dengan menyusui secara eksklusif selama enam bulan. "Bayi yang menyusu selama total satu jam setiap harinya akan merangsang pengeluaran hormon prolaktin di otak ibu sehingga mencegah terjadinya ovulasi," kata dr Biran di sela acara Hari Kontrasepsi Sedunia yang diadakan oleh Bayer Schering Parma di Jakarta, Kamis (23/9/2010).

Efektivitas menyusui cukup tinggi selama memenuhi sejumlah syarat, yakni menyusui bayi secara eksklusif, menyusui minimal 12 kali sehari, belum haid, serta bayi masih berusia di bawah enam bulan. Bila Anda sudah mendapat haid, segeralah beralih ke motede KB lainnya, yakni IUD, implan, suntik atau pil mini.


1 komentar:

  1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    BalasHapus

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.